Kesehatan Tubuh
Kesehatan Tubuh

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan,  jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan dari segala penyakit yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan.

Pendidikan Kesehatan sangat membantu sesorang untuk dapat  menata diri  agar mempunyai pola hidup yang Sehat serta disiplin dalam melakukan pencegahan-pencegahan sedini mungkin terhadap segala macam resiko penyakit.

Tubuh kita bisa diibaratkan sebagai sebuah pabrik yang besar, didalamnya bekerja berbagai macam proses Produksi. Masing-masing fungsi tubuh membentuk sebuah sistem yang saling terkait dengan yang lainnya. Tantangan paling besar bagi manusia adalah  bagaimana mampu semaksimal mungkin untuk menghindari segala penyakit. Penyakit tentu akan membuat sistem dalam tubuh kita menjadi tidak seimbang dan pada giliranya kita akan mengalami sakit.

Ketidakseimbangan sedikit saja akan banyak berdampak pada kenyamanan hidup kita, contoh, jika kita susah buang angin saja, maka kita akan berurusan dengan perlakuan medis yang terkadang membutuhkan operasi dengan biaya puluhan juta rupiah, kita tidak bisa tidur, tidak bisa bekerja, dll.

Salah satu kiat biar kita tetap Sehat dan Fit adalah mengatur gaya hidup dan pola makan kita sehari-hari. Mengingat masing-masing organ dalam tubuh kita mempunyai fungsi yang khusus (proses kimia, fisika, biologis, dll) maka  amatlah penting untuk mengetahui bagaimana dan kapan proses-proses penting dalam tubuh kita.

Untuk melayani proses yang terjadi dalam  tubuh kita diperlukan  energi yang cukup, sehingga dalam tubuh tidak terjadi minus suplai energi. Apabila terjadi minus maka  akan terjadi disfungsi pada organ-organ kita.

Salah satu langkah yang bisa kita lakukan yaitu dengan:

  1. mengatur pola makan dan menentukan waktunya yang tepat. Tubuh kita melakukan metabolisme dan eksresi dengan melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna lagi bagi tubuh, tentunya apabila kita masih menghargai kesehatan tubuh kita. Biasakanlah untuk makan secara teratur di pagi hari,  Bagi mereka yang tidak biasa makan pagi harap segera merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 9-10 daripada tidak makan sama sekali. Apa jadinya ketika tubuh membutuhkan asupan, ternyata tidak mendapatkanya, proses biologis, kimia, fisika terus berlangsung, maka organ kita yang akan mengalami korups dan aus.
  2. Lakukan Istirahat yang cukup,Jangan biasakan untuk tidur terlalu malam (suka begadang) dan bangun terlalu siang karena hal ini akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna dalam tubuh kita.  Disamping itu proses-proses tersebut semuanya membutuhkan energi (kalori), dan apabila jumlahnya kurang karena saat itu kita masih dalam kondisi aktif maka akan terjadi korups energi dalam tubuh.  Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu kondusif bagi sumsum tulang belakang kita untuk memproduksi darah. Seperti kita ketahui bersama betapai vitalnya darah bagi tubuh kita, dan kita tentu ada yang mengalami kurang darah dan dianjurkan dokter banyak istirahat, sebenarnya proses inilah yang berlangsung.

Beberapa Sakit yang banyak dialami manusia seperti maag, typhus, liver, dst  bisa jadi berawal dari sini.

Iklan